Persiapan SBMPTN Tanpa Bimbel + Rangkuman

By Dian's Site - Minggu, Juni 03, 2018

Siapasih yang gamau masuk PTN lewat jalur rapor a.k.a SNMPTN? Kalo kaya gitu, semua juga mau. Sayang banget, SNMPTN itu hanyalah sebuah ‘undian berhadiah’, jadi ada baiknya kalian mempersiapkan SBMPTN dari sekarang.
Aku pribadi, udah belajar buat SBM sejak libur kenaikan kelas. Aku pelajari dulu apa itu SBM, bagaimana sistem penilaiannya dan materi apa aja yang harus dipelajari. Bagi kalian yang bimbel pastilah akan dikelalin apa itu SBM dan strateginya oleh tutor-tutor bimbel kalian. Tapi dulu aku gak bimbel. Alasan aku milih gak bimbel karena aku gamau ortuku keluarin uang extra lagi buat bimbelku, kedua, aku lebih nyaman kalau belajar sendiri dirumah dan juga aku males bolak-balik buat bimbel. Hehe.
Kali ini aku akan berbagi gimana caranya aku persiapin buat SBM tanpa bimbel. Semoga bermanfaat.

1. Kenali apa itu SBMPTN

Tak kenal maka tak sayang. Jadi sebelum aku belajar SBM, aku kenali dulu apa itu SBMPTN, bagaimana sistem penilainnya, materi apa yang dipelajari, dlsbg. Setelah aku dapat gambaran apa itu SBM, aku mulai bikin strategi.

2. Bikin Jadwal!

Jadwal ini penting banget, sob. Karena materi SBM itu banyak banget dan skill pemahamannya jauh banget dari soal UAS/UTS/UN disekolah, makanya kita harus bikin jadwal supaya kita bisa nyicil.
Jdi aku bikin jadwal perminggu, dimana setiap minggunya ada 1-3 materi tergantung padatnya materi dan kesulitan materinya. Terus aku TO tiap 2 minggu sekali. Sebenernya jadwal ini sempet engga berjalan sesuai rencana karena dihadapkan dengan UAS, UTS, dll. Tapi setidakny aku punya gambaran materi apa yang sudah dan belum aku pelajari.



Khusus TKD SOSHUM


Khusus TKPA


Disini jadwal yang aku buat adalah jadwal yang Task Oriented, bukan Time Oriented. Karena jadwal Task Oriented ini jauh lebih fleksible dan buat aku lebih selo. Maksudku, yang penting dalam seminggu ini aku mencapai target bukan dalam waktu tertentu aku harus melakukan hal ini dan itu secara kaku.
Kalian bisa download jadwalku DISINI, nnti tinggal kalian sesuaiin aja sama kemampuan kalian masing-masing.

3. Eksekusi (Proses Belajar)

Seperti yang aku udah aku bilang di postingan sebelumnya aku ambis gitu pas kelas  wkwkwk. Bagun jam 3 subuh aku tahajud, terus lanjut buat belajar sampe subuh, siap-siap kesekolah, pulang sekolah istirahat bada isya aku udah lanjut belajar sampe jam 9-nan. Berulang aja gitu terus. Aku juga berusaha meanfaatkan waktu semaksimal mungkin dikelas kalau emang ga ada guru atau pas istirahat siang aku juga belajar buat SBM.
Yang tadi itu dari segi waktu. Kalu dari bagaimana aku belajarnya sendiri sebenernya gak jauh beda dari cara aku belajar untuk ujian, cuman materinya lebih dalam dan asupan soalnya lebih sulit.
Karena SBM ini materinya dari kelas 10-12, bahkan kadang-kadang materi yang keluar itu gak pernah diajarin disekolah jadi, kita harus rajin-rajin cari bahan. Rajin-rajinlah ke perpus atau browsing--browsing materi SBM. Kalau aku lebih sering nyari buku si ketimbang sumber di internet. Soalnya di internet itu materinya kadang gak valid. Selain cari materi sendiri, aku juga belajar pake Zenius. Jadi sangat terbantu banget sih buat aku yang gak ikut bimbel diluar.
PS: Kalian bisa cek buku-buku apa aja yang aku rekomendasikan untuk persiapan SBM disini.

4. Try Out

Karena aku malas bikin TO mandiri, jadinya aku ikut TO online. Ada 2 platform (?) TO yang aku ikuti: Epsilon dan Utron.
Epsilon ini enaknya user interface-nya itu kayak UNBK gitu jadi nyaman aja ga usah nge-scroll2, dan hasilnya langsung keluar dan langsung di rangking. Kita juga dapat progress report dan pembahasannnya (pdf maupun video). Cuman pembahasannya dan report koreksi b & s keluarnya suka telat banget. Epsilon ini jangka waktu pengerjaanya satu minggu jadi bisa fleksible banget. 
Kalau U-tron pas zaman aku, TO-nya kita ngisi di google form dan hasilnya 2-3 hari setelah kita ngerjain. Tanggal TO pun udah ditentukan sama Utronnya biasanya ada 2 gelombang. Gelombang 1 hari sabtu, dan gelombang 2 hari minggu. Utron gak ada video pembahasannya, tapi pembahassan soalnya bisa didownload dlm bentuk PDF.
Selain TO online, aku juga ikutan TO-TO diluar. TO kayak gini nih membantu banget bikin kita biasa dengan atmosfer SBM.

5. Evaluasi

Evaluasiku sendiri ada 2. Evaluasi per materi dengan evaluasi keseluruhan. Kalau evaluasi materi biasanya aku lakuin setelah aku selesai pelajarin materinya lewat latihan soal. Kalau evaluasi keseluruhan biasanya lewat TO. Abis itu langsung deh aku tulis apa aja yang kurang di sticky notes trus aku tempelin di meja belajar aku biar gak lupa hehe. Aku juga buat raport hasil TO gitu.

6. Repeat

Siklus ini kudu banget istiqomah. Iya sih, ada suatu saat dimana kita bakal bosen  dan males banget. Aku kalau kayak gitu biasanya berdoa biar dimudahkan sambil ‘menakut-nakuti’ diri sendiri gimana kalau aku ga bisa jawab pas SBM. Wkwkwk.

Itu aja sih. Sebenernya dalam persiapan SBM itu, kita bukan bertarung dengan orang lain, melaikan kita bertarung dengan diri kita sendiri. Kita sendirilah yang harus mengalahkan rasa malas kita sendiridan yang terpenting, diri kita yang kemarin. Bimbel atau enggak, semuanya tergantung seberapa seriusnya kita.

PS:
Oya, aku dulu sempet ngerangkum materi gitu. Feel free to download and share! CEK bit.ly/rangkumancuy

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar