How I Study (for Exam)

By Dian's Site - Rabu, September 20, 2017

(sumber)
Yashhh finally I can leave my footsteps here again after a long vacuum (?). Anyway, gue udah kelas tiga sekarang, jadi bakal lebih sering lagi belajar soalnya buat persiapan masuk kuliah, hehehe. Ngomong-ngomong soal belajar, gue baru aja selesai ujian tengah semester nih, dan mungkin ada diantara lo yang baru mau mid-term test jadi gue beriktikad baik buat nge-share gimana cara gue belajar buat ujian.
Basically, gaya belajar orang tu beda-beda kan ya, jadi ya belum tentu yang gue share ini cocok sama lo. Tapi kalo cocok yaa alhamdulillah sih. So here they are:

1. Mengkondisikan Mindset
I found a couple times, temen-temen gue pada stress sendiri gara-gara mau ujian. Emang sih ujian itu punya momok tersendiri. Sebelum belajar sebenernya yang perlu ditekanin adalah tujuan belajar itu sendiri dan keikhlasan lo. Serius deh, kalo lo belajar buat ujian, ya ibarat makanan nih, lo makan sampe kenyang, abis itu pas ujian lo muntahin dah tu ke kertas jawaban, makanannya gak nyerap ke tubuh lo--ga nyantol. Kalau pun ada yang nyantol yaa paling dikit. Ketika kita gak ikhlas buat belajar, pelajaran ga bakal nyantol. Apalagi nih ya, kalo pelajarannya udah susah terus gurunya gak enak, hahaha.
Jadi yang perlu dilakuin adalah, buang jauh-jauh pemikiran belajar buat sekedar dimuntahin otherwise, belajar untuk paham, belajar biar bisa menyikapi fenoma-fenomena sehari-hari lo dengan disiplin ilmu yang pelajari. Kedua, lepasin dah tu segala tetek bengek (red: prasangka) yang mengekor tentang pelajaran itu. Maksud gue gini, misalnya aja nih lo ga suka banget pelajaran Kimia, udah gurunya ga jelas, susah lagi. Jangan deh lo kait-kaitin mapel sama gurunya, pelajarilah kimia karena dia kimia, bukan karena gurunya.

2. Kapan dan Apa yang Dipelajari
Sebelum belajar, setidaknya lo harus punya the big picture dari apa yang mau dipelajari. Gue biasanya suka lihat peta konsep yang ada di buku paket biar dapet gambaran. Selain itu, dari peta konsep gue udah punya pengklasifikasian sendiri tentang materi yang mau dipelajari. Dulu gue ga gitu peduli sama peta konsep di buku-buku tapi setelah gue lihat lagi ternya penting banget--imo.
Terus, cek tuh jadwal ujian kapan lo ujiannya dan kalau bisa nih seminggu atau kalau elo rajin banget sebulan sebelum ujian lo cicil dah tu belajarnya, buat jadwal kalo perlu. Biar ntar pas mo ujian lo gak stress, gak kaget, dan tenang-tenang aja ketika temen-temen lo pada panik sendiri.

Nah, ini udah masuk ke tahapan belajarnya. Gue tuh bukan tipikal orang yang belajar lama-lama, paling tahan 90 menit itu pun otak udak kerasa panas wkwkwk. Jadi, biasanya belajarnya gue cicil. Misal, 45 menit belajar sub-bab A, terus break 15 menit, abis itu belajar lagi 45 menit. Kasian otak lo kalo udah ga kuat malah dipaksa belajar, ga bakal efektif. Lo bisa coba lihat podomoro technique atau teknik lainnya.

3. Baca, Tulis
Pas belajar, gua baca dulu tuh secara tenang dan damai materinya sambil gue catet di buku catetan. Pas nyatet, usahakan bahasanya jangan plek sama kaya dibuku tapi bikin pake kata-kata lo sendiri se-simple mungkin tanpa menghilangkan maknanya. Catat poin-poin pentingnya aja, selain buat informasinya lebih nempel juga bikin tangan lo ga capek. Apalagi kalo mau belajar sejarah, I found it really works!

4. Mind mapping, explaining, and correlating!
Setelah gue baca, highlite, atau nulis materinya gue bikin mind map sendiri sambil ngomong-ngomong sendiri nerangin materinya. Ini tuh secara gak langsung recalling memori lo dan juga bikin lo jadi lebih paham dan mantep sama materinya. Selain itu gue suka mengkorelasikan materi yang gue pelajari sama hal-hal sekitar dalam kehidupan sehari-hari soalnya jadi lebih gampang buat inget. Kalo sewaktu-waktu gue lupa kan gue bisa dapet clue dari kejadian sehari-hari.

Mind mapping gue (maklum kalo jelek)

5. 
Quiz time!
Of course, latihal soal emang perlu apalgi kalo lo belajar matematika, nge-drill soal emang bener-bener ngebantu banget. Kalo lo rajin, you can quizzing yourself trough flashcard. Tapi kalo gua engga sih, soalnya menurut gue bikin flashcard itu makan waktu heheh.

6. Ngajar
Ini sebenernya additional tapi penting--b a n g e t. Ya, sunnah mukkad-lah. Tadi kan gue udah ngajar/explain ke diri gue sendiri sambil bikin mind map, sekarang gue mau explain lagi ke orang lain. Tingkat pemahaman orang lain kan beda tuh sama kita, kadang bahasa kita yang menurut kita udah simple dan mudah dimengerti malah ga dipahamin orang lain. Nah, gunanya lo ngajar adalah lo bakal nemuin cara penjelasan yang lebih simple lagi dari punya lo sebelumnya selain itu, lo juga bisa tukar pikiran tentang materi yang dipelajari.

Nah, itu dia cara gue belajar buat ujian. Mungkin kelihatannya berat bin lama sih, tapi efeknya tuh materinya bisa nyantol sampe besok-besok dan pas ujian Insya Allah lancar jaya. Saran gue sih kalo lo udah jenuh belajar, pindah tempat belajar atau break bentar abis itu baru balik lagi. Terus kalo belajar jangan sampe tengah malam, kalo gue mending tidur aja tapi bangunnya sebelum subuh buat belajar lagi. Btw, cara belajar gue itu gua adaptasi dari Feynnmann Technnique. Sebagai penutup, gue kasih nih video feynnmann technique dibawah. Semoga sukses ujiannya, Dab! Semangat!


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. tim no belajar sampe tengah malem,pol jam 10 tidur๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus