New Chapter

By Dian's Site - Senin, Juli 06, 2015

Kita lahir mulai dari belum tahu apa-apa sampai dewasa ini. Menuntut ilmu sepanjang hayat, membawanya hingga ke liang lahat. Pendidikan itu suatu proses yang panjang dan melelahkan, namun terbayar lunas dengan manisnya berilmu.


(sumber)
Waktu berjalan begitu cepat, akhirnya gue SMA juga. Sebelum UN, gue berusaha belajar mati-matian biar bisa masuk SMA favorit. Kata gue, Lotus Merah, Padmanaba, SMA 3 Yogyakarta atau SMA 1 Teladan Yogyakarta. Bukan medramatisir, tapi emang anak tingkat akhir itu ada aja ujiannya, dan rasanya mau lulus aja dramatis. 
Dengan segenap usaha, dari mulai bangun sebelum subuh buat ngejer materi, belajar sampe malem kadang tengah malem. Ketika malas menerpa suka banget berleha-leha layaknya UN terjadi semau gue.
Sebenernya sempet ngerasa nyesel, kenapa waktu kelas 7, 8 gue nggak belajar dengan bener. Pas kelas 7, 8 gue melewati UTS, UAS dan sejenisnya dengan terseok-seok. Walaupun masuk 3 besar tapi rata-rata yang tidak seberapa.  Tapi kalo udah lalu gak perlu disesali. 
Pas UN lain lagi, banyak godaan. Katanya ada yang beli kunci jawaban,gini dan gitu. Sip, mantepin niat, UN ga bakal berkah kalo lo ga jujur. Dengan segala resiko dan berusaha percaya diri kalau gue itu bisa, gue ga ngambil jalan yang aneh-aneh. Make it easy, ngerjain UN apa adanya, toh, udah belajar kok dari kelas 7. In Sya Allah Siap.

Sebulan kemudian pengumuman dan Alhamdulillah lulus. Lulus dengan nilai cukup baik. NEM yang menurut gue udah bagus 36,65. Sebenernya gue sada betul kalo NEM itu masih kurang 1 poin lebih buat masuk SMA 3 atau 1 (berdasarkan PPDB tahun lalu). Berharap 'kali aja tahun ini turun :p Emang keputusan yang agak nekat sih menurut gue.
Berdoa terus tiap malem, bahkan sebelum UN biar bisa masuk sekolah idaman. Pas pendaftaran ada aja yang dipermasalahkan, salah satunya berkasnya: kenapa ini di scan? Kita minta yang asli. Rada jengkel--tbh. Bolak-balik kesana kemari dari sekolah satu ke sekolah yang lain karena NEM gak cukup.
Harapan terakhir, SMA 9 yang NEM luar kota terendah 37.1. Selesailah sudah. Gue mutusin gak usah dilanjutin. Pupus segala harapan, bukan berarti pupus pula doa. Tetap berdoa dengan segala ke khawatiran kalo gue ga dapat SMA di Jogja, sekaligus, menunggu pengumuman SMA MUHI--harapan terakhir. Alhamdulillah lolos juga.

Ketika gue mutusin buat nggak usah dilajutin daftar SMA negeri, gue sadar betul kalau saat itu cadangan gue cuma satu. Gue nggak tes kemana-mana selain MUHI. Gue udah ikhlas kalo SMA negeri bukan jalan gue. Yakin kalau Allah bakal ngasih yang terbaik.
Tetap positive thingking apapun yang terjadi. Nama yang selama ini di panjatkan dalam doa, memohon hingga mengurai air mata, nyatanya bukan jalan kita. Kadang apa yang kia inginkan belum tentu yang terbaik buat kita. Kita cukup berbuat yang terbaik atas apa yang kita harapakan, selebihnya serahkan pada Allah.
Mungkin kalo di SMA yang gue pengen gue ga bakal begitu berkembang atau jadi juara soalnya disana pinter-pinter semua. Bukan berarti disekolah gue nggak pinter kkk~~. Mungkin Allah masih mau gue masuk di SMA islam bukan di SMA negeri. Masih pengen gue belajar islam sedikit lebih bayak dibandingkan porsi sekolah negeri. Mungkin kalo gak gini, gue ga bakal deket sama Allah.

Gue narik satu hal. Allah ngasih yang kita mau, yang kita perlukan bukan tinggal merem langusng dapat. Dengan segala kerja keras, susah payah, tak jarang dengan air mata. Allah pengen liat sejauh mana kita berusaha. Mungkin dengan segala pengorbanan ini, kita bakal lebih menghargai, mensyukuri apa yang telah kita dapatkan.


Tetap semangat, yakin. positive thinking apapun yang terjadi. Semoga di new chapter ini, bisa membuat gue lebih baik lagi kedepannya, Selamat tahun ajaran baru! :D

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Yeaaaay ... Selamat menjadi anak SMA buat kitaaa :) Setuju bangeeet Dian! Terus semangat ya! Sekolah cuma satu faktor dan sekian banyak faktor penentu kesuksesan. Cheers ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wii ada salsa. I feel so honoured. Makasih udah mampir dan komen di blog aku. :D

      Hapus
  2. Walauw lambat coment ini.Dian pancen tangguh.smg sukses

    BalasHapus
  3. Walauw lambat coment ini.Dian pancen tangguh.smg sukses

    BalasHapus