Belajar Bahasa Sehari-hari Ternate (Part 1)

By Dian's Site - Jumat, Juni 12, 2015


Gue balik lagi nih. Btw, kali ini gue baru aja pindah di Jogja, jadi mumpung masih 'anget' nih dalam pala mengenai bahasa Ternate, gue tulis aja disini. Gue sebenernya gak tahu bahasa daerah Ternate, jadi kali ini geu ngeshare bahasa sehari-hari disana.

KITA
Kita adalah kau dan aku bersatu kata ganti orang pertama jamak. Tapi kalau di Ternate sendiri, kita it artinya: Aku/Saya. Jadi jangan bingung kalo misalnya ngobrol disana make kita-kita-an. Contoh nih: Kita di rumah, berarti orang tersebut lagi di rumah.

NGANA
Ngana itu artinya kamu. Contoh: Ngana di jalan, Ngana suka minum es lilin. Ngana biasanya dipakai ketika berbicara dengan teman sebaya. Nah, kalo bicara sama yang lebih tua, make 'ngoni'.

NGONI
Ngoni, kayak yang udah gue bilang tadi diatas, ngoni biasanya dipakai buat ngobrol sama orang yang lebih tua. But, kata 'ngoni' juga bisa dpakai untuk menyatakan 'kalian'.  Misalnya: Ngoni samua, berarti kalian semua. Jelas kan?

TORANG
Kalo kita artinya aku/saya berarti bahasa Ternatenya 'kita' apa dong? Yup! Torang. Torang adalah ngana deng kita.  Misalnya: Torang dua, artinya kita berdua. Nah, biasanya kalo dalam pergaulan sehari-hari kata 'torang' ini biasa dipersingkat jadi 'tong'. Misalnya: Tong samua, berart kita semua.

TARADA/TARA
Bukan Tara Budiman ya... Tarada/tara ini, artinya tidak. Tarada biasanya dipersingkat jadi tara. Misalna: Tarada ya (enggak kok), tara mau (enggak mau). Tapi ada beberapa kata yang kalo misalnya kamu make tarada malah nanti diketawain (kedengaran aneh). Misalnya:
Tarada bisa harusnya tara bisa
Tarada mau harusnya tara mau
Tarada cantik harunsnya tara cantik.
Biasanya sih, yang nggak bisa barengan sama kata tarada itu kata sifat, jadai mesti diganti pake kata tara.

JANG
Jang yang ini bukan nama marga di Korea ya... Tapi artinya jangan. Sebenernya kalo diperhatikan baik-baik, kata 'jang'  itu lebih ea mempesingkat kata jangan. Misal: Jang main, jang turun.

DENG
Deng itu artinya dengan. Deng itu sendiri emang kea mempersingkat kata 'dengan.'

Gimana? Udah bisa ngomong Ternate dikitkan? Coba ya:

Kita tara mau deng ngoni
Torang jang main deng dorang.

Gimana, udah bisa kan? Secara general emang bahasanya mirp-mirip dengan bahasa sehari-hari Manado. Tapi dialegnya beda lho. Udah dulu ya, sampai jumpa di postingan selanjutnya!


  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Misi mba :),, ajarin dong bahasa pasar ternatenyahh hihi
    Salam yah

    BalasHapus
  2. Lagi dong ajari lebih banyak bhs lokal .krn team kerja saya jml 27; yg 20 org tidore bicara mereka cepat dan gak mudeng aku.sdh 1,5thn masih blm paham

    BalasHapus
  3. Lagi dong ajari lebih banyak bhs lokal .krn team kerja saya jml 27; yg 20 org tidore bicara mereka cepat dan gak mudeng aku.sdh 1,5thn masih blm paham

    BalasHapus
  4. Bagiin kalimat sapaan dalam bahasa ternate donk. Kurang lebihnya 10'an lah gitu

    BalasHapus