Rekomendasi Buku Persiapan SBMPTN SOSHUM

By Dian's Site - Minggu, Juni 03, 2018

Karena materi SBM SOSHUM itu banyak banget, kita harus rajin-rajin nyari bahan belajar sendiri. Satu buku aja gak cukup. Kali ini aku akan nge-share buku-buku apa aja yang aku rekomendasikan untuk persiapan SBMPTN SOSHUM.

1. THE KING BEDAH KISI-KISI SBMPTN SOSHUM, Forum Tentor Indonesia, Forum Edukasi


Wah ini mantep banget. Tebel tapi cukup lengkap, pejelasannya singkat padat jelas ada latihan soal dan pembahasan baik permateri maupun Try Out. Buku ini juga dilengkapi CD. Harganya 190-200 ribu-an. Menurut aku penjelasan dibuku ini jauh lebih lengkap dibanding wangsit, walaupun buku ini adalah ringkasan materi. Sayangnya, latihan soalnya masih kurang banget kalau memang cuma mengandalkan buku ini. Tiap materi latihan soalnya tu cuma 1 paket yang isinya 5-10 soal.

2. WANGSIT
(sumber)

Bagi kalian yang pengen latihan soal, buku ini cocok banget soalnya banyak latihan soalnya. Tapi, penjelasan materinya kurang mantep menurut aku dan kadang-kadang salah. Kadang juga di latsol kunjab-nya salah. Wangsit sendiri dijual perpaket, mulai dari silver sampai platinum, harganya juga variatif sesuai dengan paket yang ditawarkan. Kalian bisa cek aja langsung di websitenya.

3. LANGKAH SUKSES MENUJU OLIMPIADE EKONOMI (Edisi Kedua), LOPI


Aduhhh ini buku emang lengkap deh kalo mau persiapan SBM ekonomi. Hahaha, secara buku olimpiade. Penjelasannya mudah dimengerti, ada latihan soalnya juga, cuma ga ada kunci jawabannya. Aku gatau harga buku ini berapa soalanya aku minjem di perpus.

4. Sejarah Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, Ratna Hapsari & M. Adil, Penerbit Erlangga.


Aku suka banget belajar sejarah dari buku ini, soalnya lengkap. Aku kalau belajar sejarah gabisa cuman baca ringkasan, tapi harus tau ceritanya jadi aku suka sama buku ini XD. Tapi karena ini buku pakey sekolah, jadi soal-soal yang disediakan levelnya ya cuma buat UAS/UN aja si. Buku ini juga aku pinjem di perpus sekolah hehe.

5. SUPLEMEN BELAJAR OLIMPIADE GEOGRAFI (SERI 1&2), BINA PRESTASI INSANI



Buku ini juga bagus untuk belajar geografi soalnya lebih lengkap ketimbang buku paket sekolah dan buku persiapan khusus SBM (yaiyalah buku olimpiade!).  Cuma, buku ini ga ada latihan soalnya. Karena materi olimpiade itu jauh lebih luas daripada materi SBM, jadi kalian pilih2 aja materi yang sekiranya emang dibutuhkan untuk SBMPTN, biar gak makan waktu baca semua materinya. Buku ini juga aku pinjem di perpus.

Itu dia buku-buku yang menurutku bagus dan lengkap untuk belajar SBMPTN. Untuk mapel Sosiologi, aku belum nemu buku yang bagus, jadi selama ini aku cuma ngandelin buku paket sekolah, wangsit dan The King. Biasanya aku compare isi dari materi masing-masing buku karena selalu saja ada materi yang tidak dicakupi buku satu tapi ada di buku lain. Selamat belajar!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar