Mentang-Mentang Penulis

By Dian's Site - Sabtu, September 08, 2012

(sumber) 
Aneh, jika kita sudah jadi penulis, orang menilai kalau kita itu pintar menyusun kata. Faktanya, nggak juga sih. Aku buktinya.

Aku ngak pinter-pinter amat dala nilai bahasa. Standar lah.  Emang sih jadi penulis sebaiknya menguasai EYD. Pas aku ngirim naskahku EYD-nya menurutku masih ab=cak adul. Ya nggak berntakan banget sih, maksudnya kayak masih pemula dalam bahasa Indonesia.

Penulisitu cuman buatcerita sebagus-bagusnya terus dikirim ke penerbit. Nah kalau naskah diterima nanti EYD-nya diedit sama editor.  Aku juga nggak pinter-pinter amat buat nyususn makalah. Dan aku itu orangnya kurang percaya diri alias PD .

Terus?

Entah mengapa dan bagaimana kabar kalau aku itu alhamdulillah udah nerbitin buku datang ke SMP.  Dan kebetulan beberapa bulan lalu kakak kelasku juara 3 santitasi bid.karya tulis provinsi. Gak ada angin, gak ada hujan, gak ada badai, gak ada tsunami, gak ada tornado #okelebeh

Pak guru milih aku sebagai perwakilan sekolah!! Bukan perwakilan sih tapi memperioritaskan aku untuk mewakilisekolah.! Bersyukur sih,tapi kan tanggung jawabnya berat. Ngebawa nama sekolah. Kalau cuma bawa nama sendiri sih fine-fine aja.

Aku belum punya skill yang terlatih. Kalau kalah kan malu. Jangan salah ya, menulis itu harus ada kemampuan/skillnya. Harus terbentuk biar tulisan yang di hasilkan makin bagus.

Caranya? Perbaharui kosa kata, dan menguasai EYD. Tapi ide juga nggak kalah penting. Masalahnya itu lomba karya tulis uat sanitasi itu, bukan ngarang cerpen tentang sanitasi tapi buat makala. Aku nggak tahu menempe(?)  tentang makala.

Itu juga mesti surpey lingkungan sekitar. Tapi karena udah pernah lihat tema karya tulis sanitasi tahun lalu jadi udah ada bayangan aku mau surpey kemana. Emang agak jauh sih dari rumah tapi masih satu kota.

Pas hari.. Jum'at lalu, Pak Guruku bilang ke aku kayak gini, "Pokoknya bulan Juni/Juli tahun depan kamu sudah harus ada di Jakarta." Aku yang lagi asyik-asyik duduk dengerin perkataan gitu menganga.

Demi apa coba? Tapiya, walau agak pesimis, tapi ane mau bangun rasa optimis ane dari sekarang jadi SEMANGAT DIAAAAAN!!!!!!!!!!!! UKHTI BISA LOLOS DAN DAPET JUARA 1! *aminnnn*
Doain ya temen-temen. Oh ya ada disni yang juga mau ikut lomba sanitasi nasional 2013?

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar