Bacalah!

By Dian's Site - Rabu, Desember 16, 2015


(sumber)
"BACALAH! Dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan!". Ayat tersebut merupakan wahyu yang pertama kali diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang Allah suruh kepada kita bukan mengenai sholat, zakat, namun membaca.
Buat gue dan umat muslim pada umumnya, mari jadikan penggalan ayat diatas tadi sebagai spirit kita dalam meningkatkan motivasi buat membaca. Karena membaca itu bermanfaat ((banget)).

"Tapi kan baca itu ga asik..." 


Iya sih, tapi itu awalnya. Untuk membangun habit membaca itu emang susah pada awalnya. Ngantuklah, ngeboseninlah. Gue bakal ngasih beberapa hal yang gue dapet dari seminar motivasi membaca di sekolah tadi. Yang pasti bakal sayang banget kalo lo ngelewatin ini.



  • Membaca itu, Ekspresi Keimanan


Lha, kok bisa? Bisalah. Udah bacakan, ayat yang diatas tadi? Nah, Allah sendirilah yang memerintahkan kita buat membaca. Dengan membaca itu udah jadi salah satu cara kita buat mengekspresikan keimnan kita kepada Allah dengan membaca. Dengan membaca, kita sebagai umat muslim jadi lebih pinter. Gak cuma dibidang agama doang, tapi balance dunia akhirat.  Selain itu, dengan berilmu kita sepatutnya akan menjadi lebih rendah hati. Menyadari betapa besar ilmu itu dibanding ketidak tahuan diri kita.


  • Ciri Bangsa Yang Sukses
Kata Pak Goenawan Muhammad, salah satu sastrawan termkemuka Indonesia, " Kemampuan membaca itu sebuah rahmat. Kegemaran membaca adalah sebuah kebahagiaan"
Berbahagialah bagi teman-teman yang suka membaca. Karena dengan membaca kita bisa tahu lebih banyak daripada orang lain. Siapa sih, orang-orang besar yang bisa sukses tanpa membaca? Pak Soekarno? Pak Habibi? Mereka itu orang yang suka banget baca!
Ada sebuah cerita menarik mengenai kegemaran membaca Pak Soekarno. Waktu Pak Soekarno diasingkan di Ende, dia membaca buku-bukunya. Sampa-sampai ada seorang anak kecil yang kesal. Setiap kali dia ke rumah Pak Soekarno dia selalu melihat Pak Soekarno membaca. Jadi, proteslah anak itu kepada Pak Soekarno. Kemudian Pak Soekarno dengan PD-nya berkata, "Wahai anak, suatu hari aku akan memimpin bagsa ini. Apakah kamu tidak malu jika mempunyai pemimpin yang tidak tahu apa-apa?"
Salut. Cobalah kita bercermin kepada bangsa-bangsa yang sudah maju disana. Misalnya Jepang. Mereka sangat membudayakan sekali apa itu yang namanya membaca. Bahkan mereka tak akan membuang waktu menunggu untuk sampai ketujuan saat naik kereta dengan sia-sia. Mereka membaca. Kalau kita?

  • Buku Adalah Identitas Seseorang
Hm.. gini. Misalnya gue suka baca buku-buku kedokteran, udah bisa ditebak nih, gue pengen jadi dokter. Atau, atau, gue akhir-akhir ini lagi baca buku tentang diet, kemungkinan besar gue lagi ga puas sama berat badan gue. Hehehe
Seseorang yang senenng baca buku pastilah memiliki pengetahuan yang luas. Dari pengetahuannya itu dia akan lebih bijak, lebih luas memandang dunia, lebih baik dalam menentukan sikap sehingga dia tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Orang yang nggak suka membaca rentan dengan krisis identitas diri. Kenapa? Karena dia bakal gampang banget terpangaruh. Kalo dibilang apa yaa percaya-percaya aja, padahal itu belum tentu bener. Kalo kita sering baca kan, kita bakal lebih tahu kan, sehingga kita bisa menilai mengenai validitas suatu hal dan ga gampang terpengaruh orang lain.

  • Buku Adalah Sahabat & Guru Sejati
Pernah gak sih, misalnya lo nanya sesuatu ke guru lo berlang-ulang karena ga ngerti tapi guru lo malah ngomelin elo? Yaiyalah kesel, soalnya udah diteriangin ulang-ulang tapi ga ngerti. Tapi kalo buku, lo baca berulang-ulang, lo bolak-balik halamannya buat lebih ngerti toh, si buku nggak marah. Yaiyalah, buku itu kan benda mati, jadi lo mau ngubek-ngubek buat lebih paham juga gapapa. 
Seseorang yang gemar membaca pasti seneng banget dikasih buku, karena buku itu temennya dia yang bakal selalu ada 24/7. Mau hari Minggu kek, mau lagi otw kek, mau dimanapun as long as you bring the book, dia tuh bakal siap sedia buat dibaca.

  • Berpikiran Mulia

"Seorang penggemar buku biasanya akan berpikiran mulia dan memiliki pendapat yang terhormat"
-Christopher Dawson

Emang bener sih quotesnya diats. Kenapa? Gini, kalo kita sering baca buku kan lebih banyak ilmu yang masuk, lebih banyak juga kosa kata yang kita dapet. Tanpa kita sadari tutur kata kita tuh lebih teratur, lebih santun dan bahasa kita juga menjadi leih baik. Terus kita juga enggak membuang waktu sia-sia dengan memikirkan hal yang negatif  malah baca buku dan udah pasti membawa suatu hal positif bagi diri kita.

Sebenarnya banyaaak banget benefits yang bisa kita dapat dari gemar membaca selain yang gue sampaikan diatas. Bisa lo searching sendiri deh, di google. Yakin masih mau males baca? 
Saran gue, kalau misalnya males baca, dan pengen ningkatin minat membaca kita coba aja deh buat pemanasan dengan ngebaca buku-buku ringan, mungkin novel atau komik. Baru deh, nyoba ke buku yang lebih berat. 
Oh ya, membaca buku itu, kayak olahraga lho. Olahraga itu pada awalnya kita ngerasa males, capek dan berbagai alasan lainnya. Tapi semakin kita rutin berolahraga kita malah makin seneng dan kalo ga olahraga rasanya tuh ada sesuatu yang kurang. Sama tuh kayak baca buku. Membaca emang pada awalanya bikin ngantuk, bosen, teler (?), tapi semakin kita mendalami bacaan tersebut, semakin sering membaca nanti bakal ngerasa ada yang kurang kalo sehari ga baca buku.

Jadi masih ragu buat gemar membaca?


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar