ABG

FORTASI MUHI YK 2015

By Dian's Site - Jumat, Juli 31, 2015

Assalamualaikum semua! Alhamdulillah gue baru aja nyelesein masa MOPDB di SMA. Jadiii ceritanya gue udah anak SMA gituuu. Kkkk~ Setelah sebelumnya gue nyeritain gimana perasaan gue ga diterima di negeri dan akhirnya milih SMA Muhi YK, kali ni gue bakal cerita tentang masa-masa MOPDB/MOS di Muhi.
Jadi, di Muhi sendiri MOS/MOPDB dikenal dengan nama FORTASI (Forum Taaruf dan Orientasi). Ya, intinya sama aja kayak disekolah lain, yang megenalkan sekolah beserta wajah-wajah rupawannya #KODEKERAS. MOS/FORTASI di Muhi, diadakan selama 3 hari— iya, 3 hari yang bikin turun sekilo. Btw, tema FORTASI kali ini, I Care ( I concern withh akhlakul karimah for education) jadi, tujuan fotasi kali ini juga buat membentuk akhlakul karimah di kalangan siswa Muhi YK.
Langsung aja yaaa

PRA FORTASI

The first day I weared high school uniform :3 Jadi pas datang, kita langsung ngecek nama kita ada di kelas mana. Gue dapet kelas X-IPA 4 (K.H.A.Azhar Basyir) sebelah utara, deket ruang BK-2. Berhubung karena MUHI itu gede, jadi nyari ruangnya cukup makan waktu. Pas masuk, gue dipanggil sama temen baru yang ternyata namanya Lia. “Duduk disini aja,”kata dia, yang akhirnya jadi temen sebangku selama FORTASI.
Terus kita di suruh turun ke lapagan buat upacara. Terus ke aula di kasih materi yang cukup banyak sampe dzuhur berkumandang. Setelah sholat, kita ngumpul di kelas. Waktu lagu asyik-asyiknya ngobrol tiba-tiba divisi tata tertib (tatib) datang. Cirinya make make rok dan jilbab hitam bagi yang cewek dan yag cowok make peci dan celana hitam.
Pas kakak tatibnya masuk dengan muka yang udah nggak ‘sreg’ banget, kita semuanya diam, takut gitu. Wali Kelas Fortasi kita, Mba Ajeng sama Mas Bilal pun nunduk gegara takut gitu. Dia ngasih kertas ke WK terus dibaca sama WK, dan WK Mba Ajeng bacanya cepet akhirnya ada beberapa nomor yang ga sempet ke catet. Untuk tugas kelasnya, kita disuruh buat film pendek berdurasi 3 menit tentang lingkungan atau pendidikian dan di kumpul pada hari ke-3 FORTASI.
Dari situ, kita dituntut buat kompak walaupun sama orang yang belum dikenal. Kalo ga bergaul, nanti ga tau. Jadi ga boleh malu untuk nanya atau berinteraksi sama temen-temen. Walau sebenernya gue juga pemalu hehehe.

HARI PERTAMA FORTASI

Upacara Pembukaan
Gegara tugas yang mesti disiapkan, akhirnya gue tidur larut semalem. Bangunnya pun dibangunin sama nenek.  Gue dengernya jam 06.30 udah harus ada disekolah. Ya.. gue datang jam 06.25 tapi… itu pun udah telat.
Kita masuk lewat pintu barat (lewat parkiran). Sebelum masuk kita di marahin sama tatib yang padangannya menusuk banget. Tapi itu semata-mata buat bikin kita jera biar gak telat lagi. Tatibnya gak jahat, tapi galak, dan gada hukuman secara fisik. Paling verbal doang, itu pun dimarahin aja.
Setelah masuk, kita upacara di pembukaan terus masuk ke kelas. Kita dikasih materi singkat mungin sekitar 10-15 menit dari tim independen. Terus, lanjut sama materi Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan.
Gue gak inget yang pasti kapan para WK memperkenalkan diri mereka, but, hari itu mereka memperkenalkan diri. Ada Mba Ajeng dari kelas XII-IPA yang suka ketawa dan senyum, ramah juga orangnya sama Mas Bilal kelas XI-IPS yang kalo nanya senyum mulu, apa-apa disenyumin.
Terus kita diajak Tour de Muhi, biar kenal sama MUHI yang gede ini. Muhi gede banget ternyata :’) Sampe lupa jalan pulang ke kelas, hehehe. Terus setelah tour kita sholat dzuhur berjamaah. Yang putra di musholla putra di lt.2, yang putri di musholla putri di lt.3
Pulang sholat selepas makan siang, dapat kejutan dari tatib.Intinya kita ditertibkan, dipelototin, dimarahin, diingetin dan dikasih tau apa yang mesti dibawa besok. Hari itu gue ga laminating name tag gue, soalnya baru tahu jam 11 malam, dan foto copy udah pada tutup.
Setelah itu kita dibawa ke lapangan, lepas sepatu dilapangan terus nyeker ke mushlla buat sholat ashar, terus bali lagi buat apel penutupan. Masih 2 hari lagi….


HARI KE-2 FORTASI
Check In (sebenarnya ini foto hari pertama :p)

Hari ke-2 FORTASI, Alhamdulillah, gak telat sih. Tapi pas masuk kita mesti ikut penertiban dulu. Kita disuruh keluarin semua yang ada di dalem tas sama tatib. Gue ngebawa penggaris besi dan dimarahin, “Kenapa bawa ini? Mau mukul temen kamu?! Besok ganti!”. Terus gue bawa uang jajan yang dikasih sama ortu, dan itu senaja bawa lebih soalnya rencananya, pulang sekolah mau singgah ke rumahnya Nahda buat bikin film gitu. “Ini apa!? Kenapa bawa sebanyak ini. Sok kaya kamu!” Padahal aku bawanya gak sampe 100K :’)
Ikhlas aja gue mah, dimarahin tatib. Emang itu kerjaannya dia, nyari-nyari kesalahan orang dan menertibkan anak-anak.  Seperti biasa, kita masuk kelas,terus dikasih materi gitu. Terus kita dibawa ke aula diajarin Mars SMA MUHI YK. Lagunya gampang diinget sih, soalnya terngiang-ngiang mulu. Hehehe.
Gue gak bisa ngejelasin seara detail apa-apa yang dikerjain. Maaf banget ya, soalnya gue pelupa orangnya, inget pun secara garis besar. Seperti biasa, setelah dzuhur, tatib masuk dengan tatapannya yang Masya Allah.
Kali ini agak beda, mereka datang make jas biru, dengan name tag di baju.  Buat yang pengen masuk MUHI, gue kasi tahu nih ya… Kalo FORTASI itu diperhatiin semuanya, detil. Diikutin peraturannya, karena tugas itu bisa jadi berasal dari agenda yang ada.
Karena kelas IPA-4 masih ada yang ngelanggar peraturan, WK kita pun kena hukuman—maaf banget ya, Mba Ajeng, Mas Bilal. Kita dikasih tahu suruh buat karikatur salah satu tatib dengan namanya, dikumpul besoknya. See? Apa gue bilang.
Kita dipulangain setelah ashar, tapi karena harus ngeshoot disekolah buat film pendek itu, jadi lembur dikit. Maaf banget ya, X-IPA 4, gue sebagai seksi narasi ga becus bikin narasinya, jadinya agak bingung pas mau nge shoot dan kerjaan jadi molor.
Shooting dibubarkan menjelang maghrib. Gue pulang dulu terus abis maghrib langsung cus ke rumahnya Nahda buat bikin tugas. Malem itu Mba Ajeng-nya gabisa datang nemenin buat tugas, jadi cuman ada Mas Bilalnya aja. Makasih ya, Nahda, udah ngerepotin.

HARI KE-3 FORTASI


“Tinggal hari ini….”
“Tinggal hari ini…”
“Tinggal hari ini…”
Alhamdulillah, gak telat lagi. Over All, lancar semuanya. Udah takut banget nih padahal, soalnya hari terakhir, jangan sampe tatibnya nge- ‘gas poll’ marah-marahnya. Ternyata enggak :D
Intinya semua berjalan kaya kemarin, cuman dijadwal itu ada blank space. Blank space yang bikin bertanya-tanya. Kita dikumpulin ke aula terus tiba-tiba divisi upacara ngerapihin barisan, aula dibikin gelap. Perasaan mulai gak enak, Tatib kayaknya mau datang.
Ternyata bener. Tatib datang. Tatibnya datang terus manggil beberapa anak terus disruruh ngasih pesan dan kesan FORTASI 2015, tapi sambil dipelototin, sambil di awasi tatibnya. Jadi pas anak itu maju, tatibnya udah ngikut dari belakang, terus mengerumuni.  Untungnya gue ga dipanggil. Hehehe.
Terus tatibnya minta semua panitia masuk ke dalam aula. Panitianya di bentak-bentak, dimarah-marahin. “Panitia kerjanya gak becus!”, “Bikin jadwal aja ngaret!”, “Panitia bukan nyari EKSIS!”. Pokkoknya dimarah-marahin. Padahal, menurut gue kerja mereka udah bagus, teratur. Untuk sekolah yang segede gini, kerjanya udah baguslah pokoknya.

Taaruf sama Panitia
Setelah itu, udah gak tegang lagii. Kita ada sesi taaruf sama panitianya tarus dilanjutin sama parade ekskul 1. Keren euy. Ekskulnya macem macem. Kita di giring lagi ke lapangan buat parade ekskul 2. Ekskulnya banyak, sampe bingung mau milih yang mana.
Buat yang suka petualangan, bisa ikut falahi; kalo suka fotografi ada juga ekskulnya; yang suka jepang-jepangan ada Muhi desu; yang mau dakwah bisa ikut MMC; yang mau masukin ortunya ke surga bisa ikut hafidzh quran; bagi yang suka musik, ada karawitan, sama band, dll.
Jadi kita disuruh milih satu diantara lima ekskul wajib dan gue milih Ikatan Pelajar Muhammadiyah/IPM (kayak OSIS kalo disekolah lain) terus buat yang pilihannya gue belum nentuin pilihan. Pengen ikut tahfidz qur’an tapi, broadcasting juga bagus, olimpiade jugaaa.
Singkat cerita, setelah sholat ashar, kita apel penutupan. Kali ini apelnya lebih lama dari yang kemaren-kemaren karena kita bakal taaruf sama tatib. Kalo sirine bunyi, berarti tatibnya bakal dateng. Dengan gayanya yang susah banget senyum, tatib berjejer di depan barisan kita.
“Kita tadi, udah baca semua pesan dan kesan dari adek-adek,” masih dengan gak senyum, Kak Junaedi bilang gitu. “Keliatannya, kalian pengen banget ngeliat kita senyum…” And…. Semua tatib akhirnya SENYUM!
“Gitu dong mas, tambah ganteng!” ada yang bilang gitu. Pas tatib senyum itu rasanya….
Bunga-bunga cinta bermekaraaaan….  Lega. Gatau kenapa, lega aja gitu. Ketegangan jadi ilang semua. Mereka memperkenalkan diri satu persatu, dan ternyata mereka adalah anak kelas 11 & 12! WK-nya kalo ditanyain tatib itu siapa mereka bilang gatau, padahal temen mereka sendiri. Gue kirain mereka alumni atau apa gitu, soalnya WK aja taut sama mereka.
Mungkin pas mereka memperkenalkan diri, panitia yang lain udah selfie duluan.
“Divisi upacara yang etis dong!” tegur Kak Junaedi. “Kalo mau selfie…” kemudian hening seketika.  “NGAJAK!” lanjutnya dan ketawa pun pecah.
Para tatib meminta maaf dan ngucapin makasih banyak buat semua panitia dan adek-adek kelas X—sama-sama KAAAAK!. Setelah itu, kita selfie-selfie. Karena udah deket maghrib, jadinya gue gak bisa lama-lama disana. Heheh.

                AKHIRNYA, FORTASI 2015 SELESAAAAAI!!!

                Jadi, MOS/MOPDB/MATAF/FORTASI itu sebenarnya menyenangkan kalo kita ngejalaninnya dengan sabar dan ikhlas. Tapi seriusan, Fortasi Muhi emang seru, walau ada tatibnya yang galak. Keren deh pokoknya. Tujuan MOS itu sebenernya kan buat memerkenalkan kita sama sekolah, sekaligus mempererat tali silaturahmi.
                Buktinya, kalau gak dikasih tugas kayak yang diatas tadi, gue mungkin ga bakaln kenal mereka. Gak bisa kerjasama, sama mereka. Kita dituntut buat mengenal sau sama lain dan kompak. Ga boleh malu-mau kalo berinteraksi, nanti ga dapet info. Terus jangan lupa kalo di MUHI itu, budayakan 5S, senyum salam, sapa, sopan, santun (gue gak yakin urutannya benar apa engga, tapi intinya gitu). Jadi kalo ketemua sama temen/kakel/guru/staff ya disalamin. Karena salam itu doa. Hehe.
                Makasih banyak buat kakak-kakak panita fortasi 2015, makasih Mba Ajeng, Mas Bilal, makasih buat X-IPA 4 (K.H.A.Azhar Basyir) makasih buat 4 hari yang tak terlupakan!





Upacara Penutupan

/Setelah itu kelas X nimbrung/

"Adek, ada yang sakit?" :3


Kakak-kakak Wali Kelas
Tatib yang kalo senyum tambah cantik dan ganteng

Sumber foto: IG: @fortasi_muhi2015

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar