ABG

OSN 2014 (Part.1) Seleksi Sekolah sampe Kota/Kabupaten

By Dian's Site - Jumat, Juni 27, 2014


Assalamu’alaikum.


Maaf gue baru bisa nulis lagi di blog. Mungkin udah setengah tahun kali ya, gue ga nulis di blog. Sawrry, ini sebenernya late post banget. Gue ga perlu ngasih tau alesannya, pasti udah tau.
Kali ini gue balik dengan kisah gue di OSN 2014.

Yan, lo ikut lagi ke nasional? Iya, Alhamdulillah gue ikut lagi ke nasional bulan lalu di, Padang. Gue bingung nih sebenernya mau cerita darimana? Dari persiapan mau ke Padang apa gimana?

Seleksi sekolah aja dulu ya.
Pas seleksi sekolah, menurut gue adalah saatnya dimana gue ngetes sejauh mana kemampuan gue saat itu. Secara gue udah ke nasional tahun lalu mestinya pengetahuan gue meningkat dong.

Sebenernya kalo gue ga ikut seleksi sekolah waktu itu juga gapapa, gue udah dapat kek ‘golden ticket’ buat masuk seleksi tahap dua sekolah. Pastinya sebelum test, belajar dulu dong. Dan sebenarnya harus dari sebelum sebelumnya.
Waktu itu testnya cuma ekonomi, sejarah, sosiologi (gabung 100 nomor) kalo ga salah. Okeh, pas test gue yang paling berisik, paling nyante dan pokoknya kacau banget dah. Yang ikut seleksi Cuma gue sendiri yang anak kelas 8, yang lain kelas 7 semuaa TT__TT Kenapa temen temen gue nggak ikut? WHY? WHY? *gue baru sadar sekarang*

Pas waktunya udah abis, gue malah belum nyalin jawaban gue ke LJK. Akhirnya disuruh cepet sama guru gue. Abis ngerjain langsung periksa bersama (lembar jawaban di tukar). Hasilnya, gue dapet 70-an. Yang lain dpet 60, 50, 30.

Alhamdulillah, emang paling tinggi sih.  Tapi gue ngerasa belom puas banget. Masa udah sampe ke nasional tahun lalu tapi cuma dapat 70? 70?! Sumpah, gregetan banget. Dari seleksi itu, lahir lah (?) tiga orang yang dibina buat ikut seleksi tingkat kota.
Tiap hari baru pulang sekolah jam tiga, kadang jam dua, udah harus balik ke rumah guru buat bimbingan. Pulangnya ampir maghrib pula. Pulangnya mesti belajar IPS lagi. Dan, FYI IPS tahun ini kedatengan sahabat baru ^_^ Siapakah dia?
Dia adalah....


A
AS
AST
ASTR
ASTRO
ASTRON
ASTRONO
ASTRONOM
ASTRONOMI.




Apa? Astronomi masuk mapel IPS. Okeh, gue awalnya rada aneh dan ga setuju sama astronomi yang masuk bid. IPS. Yang bener aja -___-  Mungkin karena IPS ada geografinya jadi Astronominya ikut masuk kali ya.
SKSD banget astronomi. Dih (?) Sekarang anak IPS bukan belajar 4 mapel, tapi 5 mapel :’D *sok bahagia*.  

Tapi ya, karena gue bukan siapa-siapa, akhirnya ga ngaruh sama sekali penderitaan yang gue rasakan terhadap kebijakan tersebut. Gue berusaha menerima kenyataan. Tapi ya semakin kesini gue malah suka sama astronomi. Walaupun Matematika gue parah kalo buat itung-itungan astronomi. XD

Pas seleksi tingkat kabupaten/kota, sekolah gue bawa 12 orang kalo gak salah. Masing-masing bidang 3 orang. Jangan tanya kenapa bisa gitu, guenya mah ikut aja. Pas seleksi gue kesana tanpa perasaan gugup sedikit pun dan biasa aja gue ngerjain soal.

Soalnya lebih susah dari tahun lalu. Astronominya rada ga jelas karena gue ga tau apa-apa. Padahal pas latihan bareng guru fisika gue buat astronominya udah sampe masuk itung-itungan hukum kepler, hukum radiasi Max Planck dsbg. Gak istimewa memang, tapi yang gak istimewa itu malah ga keluar sama sekali

Pas ngerjain pertama, bisa buat sekitar 30 puluh soal. Terus, terus, sampe akhirnya 100 soal gue isi. Pas ngerjain tuh rada rada males karena ada 100 soal. Banyaknya Ya Allah. Malah kepala gue sempet pusing lagi.
Gue telungkup di meja. Sambil nyemangatin diri gue. “Ayo, Dian, elo bisa! Nasional!”. Akhirnya dengan semangat, gue ngerjain soal itu. Pas  udah selesai, peserta keluar dipanggi satu satu buat tanda tangan daftar hadir sekalian ngumpulin soal.

Masa soalnya mesti dikumpulin gaboleh dibawa pulang? Katanya setiap sekolah Cuma boleh bawa satu. Mau diapain tuh soal, dijadiin buat ales krupuk? Atau kacang goreng? Ga ngerti gue.
Bodo amat, gue masukin aja soal ke dalam seragam gue. Pas dipanggil gue malah langsung kabur tapi dicegat sama pengawasnya buat tanda tangan daftar hadir. Ya udah, gue tanda tangan. Beruntung pengawasnya ga nagih soal. Entah dia sadar apa enggak kalau soalnya ga gue kumpulin.

Soalnya gue kasih guru gue buat diperiksa. Gue sempet nandain mana yang gue jawab dilembar soal gue.  Rombongan sekolah gue ceritanya nih udah keluar, ada satu orang juga yang udah dijemput sama mamanya. Akhirnya yang tersisa ditraktir makan disalah satu rumah makan disana. Abis makan langsung cabut pulang.
Beberapa hari setelah setelah seleksi Kota, guru gue bilang berdasarkan lebar soal yang gue kasih, gue benernya sekitar 60 (ga termasuk astronomi).  Ya.. perasaan gue waktu itu.. masa Cuma 60?! Udah sampai ke nasional masa Cuma 60?! Gabisa 80?!TIDAAAAK!!!
 

Sekali lagi gregetan. Geregetan, jadinya geregetan, mungkin kah aku jatuh cinta (?) Adek kelas gue nyusul dibawah dengan bener sekitar 50-an. Walaupun belum pengumuman provinsi gue udah disuruh balik lagi buat belajar di rumah guru gue.
Browsing-browsing di internet, Jatim udah ada hasil, Jateng udah ada, Kalteng udah ada. Nilai tertingginya 70-78. Tumben Cuma 70-an. Biasanya sampe 90. Mungkin gara gara astronomi. Udah semakin dekat dengan test provinsi, belum ada juga pengumuman resmi dari dinas setempat. Yang bener aja, coy -____-

Dug, dag, bener gue. Malem-malem entah H mines berapa seleksi provinsi HP gue bunyi. Kata guru gue, gue dapet 70 buat seleksi Kota. Alhamdulillah, Alhamdulillah Sumpah, gue seneng banget. Nilai gue bisa sejajar gitu bareng anak-anak Jateng. Wkwkwwk. Rekor banget buat gue.
Yang pasti gue belom puas sampe disitu ya...  

(To Be Continued)

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Sumvah gaya bahasamu lawak nak baHHHHh XDDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lawak dari sebelah mana? Apa terlalu blak blakan ato gimana?

      Hapus