ABG

Mau Nulis Lagi, Tapi?

By Dian's Site - Jumat, Desember 07, 2012


Nulis itu hobi, sekaligus pekerjaan sampingan aku.. #ecieh #sombongnyahhh, Ahayde, aku enggak bermaksud sombong. Tapi itu emang bener. Kalau soal pekerjaan sampingan, ya.. lupakanlah! Eh, halo readers! Lama nggak posting, seiring dengan kesibukan, mood dan tagihan internet ya.. biasa, alasan klasik.

Oke, pake gue aja ya, biar lebih nyantai. Readers, mungkin gue bukan  seorang peunulis yang terkenal, atau juga mungkin elo baru tau kalo gue itu penulis amatiran setelah baca postingan ini. Ya begitulah. Meski pun gue udah nebitin buku tapi gue masih perlubanayk belajar dalam hal menulis.

Mungkin buat elo yang udah nanya #ngarep, "kapan nih, ada karya baru lagi?", atau "gak ada buku yang terbit lagi?", de-es-be-ge.  Jiahaha. Sebenernya pengen sih buat buku, nerbitin lagi. Asyik sebenernya. Liat buku kita terbit, nama booming lagi *nggaknyari itu sih sebenernya*, dapet royalti tambahan lagi. Di komen cerita kita walaupun pedes tapi menghibur *serius lho*.

Asyik banget deh. Tapi masalahnya..

1.Writer Block
Ini dia musuh berat para penulis. Dari kelas atas sampai masih amatiran kayak kita-kita.  Mau narik ide ini, eh udah ada yang punya. Yang ini, udah ada juga. Kalau bikin ide cerita yang sama dengan yang lain tapi  alurnya beda sih, aku bisa aja. Tapi nggak asik ah! Kasian juga pembaca, beli mahal-mahal buku kita,tapi padahal ide, atau gagasan pokok sama dengan yang lain, tapi alurnya beda.
Itu bukan gue benget! #jiaah. Aku itu, pengen buat cerita yang beda dari orang lain. Alurnya harus W-O-W, idenya juga harus W-O-W. Jadi para pembeca nggak perlu bilang: "terus gue harus bilang WOW gitu?"  Pokoknya beda lah! Biar bisa best seller, menghibur pembaca.
Memang sih, banyak banget idec erita yang bisa di-ilhami  dari kehidupan sehari-hari. Tapi kok, selama ini gue agak pikun atau nggak bisa ngembangin untuk ngambil suatu idedari kehidupan sehari-hari? T_T

2.Waktu sama Mood
Kalau ngomongin waktu nulis, pasti ada kaitannya dengan mood nulis.Pas ada watu luang,luaaaaang banget, males nulis. Nggak mood. Pas udah nggak ada waktu buat nulis, ini malah mood banget utnuk nulis. Aku pulang sekolah jam 03.00, sampe dirumah jam setengah empat, hari Selasa, Rabu,Jum'at, Sabtu les sore jam  16.30.  Malemnya, istirahat buat PR, belajar. Senin,Kamis,Jum'at,Sabtu itu masih ada waktu yang cukup buat nulis. Tapi sayangnya, kendala ide menjadi masalah gue. Itu yang paling gue sayangkan.

Itu aja sih, kendala klasik.  Dan alasan yang di alesan-alesanin. Mungkin juga,gue masih salah ngatur waktu atau gimana. Ada yang bisa bantu?

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar