Selepas UN

By Dian's Site - Kamis, Mei 07, 2015


Alhamdulillah, UN akhirnya selesai juga.
Jadi UN merupakan sebuah momen bersejarah buat gue /lebay/. Ya pokoknya cukup memorable.  Gatau kenapa ya, UN SMP ini cukup berkesan daripada UN SD. Wkwkwk. Mungkin pas SD masih unyu sekarang juga, belombegitu ngeh apa itu UN, mafaatnya dll. Setelah berjuang nge-review materi 3 tahun belakangan, akhirnya di ujiankan.

Pengalaman gue pas UN, ya biasa aja layaknya ujian di sekolah-sekolah laen. Tahun ini UN-nya agak beda. As you know, UN tahun ini bukan sebagai penentu kelulusan. Walaupun itu, tetep aja ada yang tegang. Untungnya gue enggak. Bokap malah ga nyadar kalo hari itu gue bakal UN.

“Jadi hari ini UN?”
“Iya.”

Sebenernya kalau UN bukan sebagai penentu kelulusan mestinya ga perlu tegang dong. I mean, kita ga usah terlalu musingin pala Barbie nilainya. Tapi keknya tahun ini PPDB masih menjadikan hasil UN sebagai acuan buat masuk sekolah. Dan sekolah yang gue incer NEM-nya…. ‘Apalah-apalah’ kalo kata Iis Dahlia. Jadi gue agak cemas juga sih. Ehehe. Tapi bawa enjoy aja.

Udah jadi rahasia umum nih, menurut gue kalo setiap tahun soal UN & kunci jawaban itu bochor-bochor gegera gaake No Dr*p. Weits, gue gak mau make cara kotor yee map. Sebagai murid yang baik, pastinya gue engga mendukung tindakan tsb.

Walaupun UN bukan penentu kelulusan, masih aja ada yang ngelakuin hal-hal kotor tsb. Sekolah gue Alhamdulillah nggak ngasih kunci jawaban kok. Sebenarnya gue bingung sama yang make cara kotor buat ngerjain UN. Mungkin kebayakan alasannya itu, mereka Takut dapet nilai jelek atau ga bisa masuk SMA favorit.

Intinya sih, ga PD sama kemampuan sendiri.  Ini nih, yang gawat. Dalam melakukan hal apapun, mestinya kita PD sama diri kita sendiri, biar mantep ngerjainnya.   Percuma kan, udah belajar mati-matian tapi ngga PD. Please dude, LO BISA.  Tapi ya, beda ceritanya nih sama yag beralasan mereka ga PD karena ga bisa dan emang pada kenyataanya do any effort.  Itu salah sendiri.
Cari jalan aman aja deh. Intinya itu:
  

Jadi mau berpegang sama yang mana? Yang nyiptain manusia apa manusianya? Tapi kan…. Nanti masuk SMA—Tenang aja, Allah pasti ngasih SMA yan terbaik. Dan, SMA favorit bukan penjamin bakal suskses dimasa depan. Kalo kata nyokap gue sih, “yang penting ilmunya”. Selama lo nikmatain proses belajarnya sih, dimanapun lo sekolah In Sya Allah enak-anak aja.

Terus gimana nih, UN yang sejenjang sama gue? Terus soal B. ing yang water sama lotion itu yang bener yang mana. WKWKWK. Udahlah, udah lewat juga. Gue jawab lotion karena gue ga tahu sama sekali dan nginget aja moisture utu ada hubungannya sama body lotion :v



BTW, gue mau terima kasih banyak sama zenius.net yang udah ngebantu banget gue belajar buat UN. Tanpa lo, Zen, gue mungkin gatau mesti gimana sama materi MTK & Bio. WKWKWK.

Ciyeee udah mau putih abu-abu :3 Ga kerasa udah 3 tahun bareng teman-teman yang berharga. Ya, mungkin gue bukan teman yang baik, tapi mungkin temen-temen selama masa gue SMP ini-lah yang terbaik dipillih sama Allah buat dipertemukan.

Thanks banget buat kenangan yang penuh hikmah. Sedih sih, bakal ninggalain SMP tapi seneng juga bakal masuk SMA. Namanya juga hidup, ada pertemuaan pasti ada perpisahan. Bawa happy aja ya…

Semoga hasil UN kali ini sesuai denganharapan dan bisa masuk SMA pilihan.  Bubbay! :*

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Setuju banget, Dian. Allah bakal ngasih yang terbaik! :D

    BalasHapus