ABG

Logat ~_~

By Dian's Site - Jumat, Juli 12, 2013

Halo Readers! *celingak-celinguk* Maaf ya, gue jarang pos. Gue lagi sibuk masih sama OSN, nulis dan OSIS. Namanya juga pelajar. Sekarang gue mu bahas soal logat. Lo tau logat kan? Iya, logat. Kalo di setiap daerah itu pasti ada logatnya kan?

Misalnya di Jakarta, ada logatnya, "elo-gue, aye-elu". Kalo di Makassar logatnya juga ada, di Padang juga ada. Dan di setiap daerah juga ada bahasa daerahnya. Well, kalo kita sebagai anak muda, rata-rata dari kita disekolah pasti pake bahasa sehari-hari yang ada di daerah kita.  Gue nggak bicara daerah yang make lo-gue, aku-kamu, ya. Maksudnya disini ki-ngana, ambo-wa ang, beta-ose, ko- sa dll.

Kalo gue sih, biasanya make bahasa sehari-hari daerah gue, Ternate, Malut. Tapi bukan bahasa daerah. Mungking kalo bahasa daerah iya, tapi cuma beberapa aja, alias diselip-selipin. Yang jelas masih dalam konteks bahasa sehari-hari bukan bahasa daerah asli.

Ceritanya gini, gue kan udah 8 tahun tinggal disini. Dan, jelaslah, karena udah terbiasa gue bisa bahasa daerah sehari-hari disini. Gatau kenapa tanpa gue sadari logat gue berubah .__. Berubahnya? Malah menjurus ke anak di derah jawa sana,Jakarta misalnya.

Gatau kenapa bisa berubah. Semenjak gue naek jenjang skolah dari SD ke SMP logat gue berubah sedikit demi sedikit. Mungkin pengaruh socmed, tv, ato media-media laen. Bisanya kalo gue bicara pake logat aku-kamu, lo-gue itu hanya sebatas temen-temen tertentu aja. Yang laen gue masih make bahasa daerah sehari-hari.

Dan gue baru begitu ngeh kalo logat gue berubah kepada khalayk banya *bahasanyaaah* pas temen gue komen. Dia bilang gini, "Dian, ini tuh, Ternate, bukan di Jawa, jadi gausah make logat Jawa" *dengan bahasa daerah sehari-hari*. Nah loh, guenya agak merasa gimana gitu ya.

Ternyata bener. Setelah diperhatiin baik-baik, logat gue agak beda sama yang lain. Gue tanya ke temen-temen kelas gue, mereka bilang logat gue laen. Kayak orang dari Jakarta, trus baru tinggal di Ternate. Inalillahi ==" Gue udah 8 tahun tingal disini. Ada juga yang bilang, kalo gue bicara itu nadanya naik turun (?) Apaan inih.

Dan gara-gara itu gue jadi (agak) populer di kalangan temen cowok gue karena logat, gaya bicara, dan bahasa gue yang agak beda dari murid-murid disekolah pada umumnya. Pas gue lagi ngobrol sama temen gue, gatau dia nanya apa, trus guenya jawab, "Ini lho, itu lho." Dengan logat dan nada bicara gue yang katanya beda. Eh, malah temen-temen cowok gue ikutin apa yang gue omongin tadi -___- Hadeh kampret lu ah.

Pernah juga pas ulangan, gue nyamperin temen gue yang di runagan laen. Eh, temen cowok gue itu ada disitu, dan dianya ikutin apa yang gue omongin sambil ketawa. Apasiiih, perasaan gue ngomongnya make bahasa daerah sehari-hari deh.

Dan gue gak nyangka kalo omongan guue bisa jadi tren dikalangan mereka. Bayangina aj, waktu itu lagi rapat soal perpisahan kelas IX. Pas diterangin penerima tamunya pake baju apa, ada salah satu temen cowok gue yang bilang, "penerima tamu make kutang ama kolor aja" (dengan bahasa daerah sehari-hari tentunya). Ya kan, perkataan dianya tuh jorok kan?

Guenya nanggepin dengan liat ke doinya agak-agak pandangana neh gitu, "Ih jorok" kata gue (sekali lagi dengan bahasa dan gaya bicara gue yang katanya beda). Doinya sama temen-temen sekelilingnya ngeliat gue sambil ketawa. Ini apaan coba == Salah satu dari mereka bilang, "bukan jorok, tapi cafarune (jorok dalam bahasa daerah sini)". Aelah, guenya juga tahu. Tapi udah jadi folkways sejak lama gue make kata jorok, bukan cafarune.

Mereka nyuruh gue ulangin kata "jorok" sekali lagi. Dan gue pun ulangin. Merekanya ketawa. "Ngoni (kalian) bikapa n i (kenapa sih)?" gue nanya. Dan merekanya jawab "tarada (nggak)". Dan udahlah gue anggap itu angin lalu.

Singkat ceritaya, gue traktir makhluk-makhluk itu makan bakso *ceritanya gue lagi tajir pas itu*, nah gatau apa yang terjadi ada salah satu dari mereka itu ngelakuin sesuatu yang jorok. Dan salah satu dari mereka (sebut aja N) N nya bilang: "Ih jorok", dengan ngikutin gaya bicara gue waktu itu. Terus temen-temennya yang lain juga ngikutin. Inalillahi T,T

Gue baru tau ternya perkataan gue jadi trend dikalangan mereka -___- Emangnye gue Syahrini? Aelah. Yang penting gue nggak dikucilkanlah. Gue malah seneng kalo gue itu beda alias punya ciri khas. Entah sampe kapan mereka mau nganggep kalo logat gue ini bukan logat daerah sini.

Btw, ada nggak, cerita lo yang sama kayak gue? Ceritain ya. Gue tunggu. Ahaha. Sekian gulu yak, gue mau siap-siap buka puasa~


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Gue malah lahir di ternate tapi gk tinggal disana, gue tinggal di jawa cuma ligat ngomong gue kyk orang ternate terkadang juga kyk org jakarta, padahal ke jakarta aja cuma pas studytour doang, mama gue org ternate, tp gue blas sama sekali tara bisa basa ternate, yg gue tau mungkin cm denger denger sekilas klo mam gue ngomong sama saudara²nya yg disana, ya sebatas, tara, pi, pipiste, torang, jang, dan segala macem. .tp. Gue lebih suka pake logat ternate, keren aja gitu klo gue ngomong wkwk.. keinginan gue yg paling besar adalah balik ke ternate 😂

    BalasHapus