ABG

OSN (Part.3) Testnya itu...

By Dian's Site - Jumat, November 14, 2014

(DAY 1 & DAY 2)

Untuk perjalanan, gue ga cerita banyak karena disana ga begitu menarik. Pertama dari Ternate ke Jakerdah naik perahu kertas pesawat selama 3 jam lebih. Kebayangkan dinginnya gimana. Parahnya gue ga pake jeket J Beruntung gue pake manset baju jadi bisa ketolong dikit.

Bertahan selama 3 jam didalam kulkas berjalan tanpa jeket. Pas nyampe di soetta, udah ketemu anak dari kontingen lain tapi belom nyapa gitu. Kontingen Jabar banyak banget Masya Allah. 10X lipat dari kontingen gue TT__TT

Transitnya lama banget 6 jam-an gitu. Setelah menunggu cukup lama ya akhirnya gue melayang (?) ke Padang. Di Padang nyampenya malem. Perjalanan dari bandara ke hotel cukup jauh. Pas sampe di hotel ya, ngurus berkas dsbg, terus masuk di kamar.

Ternyata, gue sekamar sama anak Jabar Dellaa~~ Dari bid. IPS juga. Baik banget dia. Gue sempet diare pas malemnya.

Masuk angin kali ya, gegara ga pake jeket tadi.

Paginya ke aula UPI Padang (bukan cabang UPI Bandung loh ya..), kita sebagai tamu disambut dengan berbagai macam persembahan yang menarik, dan tari piring yang sangat ekstrem. Mulainya ngaret sih, soalnya nungguin siapaaa gitu.

Nah, sore dikit, kita disuruh ke ballroom buat Technial Meeting (TM). Seperti TM pada umumnya ya dijelasin prosedur dan prakteknya gimana. Enak banget yang bio, fisika, MTK, TM-nya bentar banget. IPS masih sampe abis isya -__-

Setelah yang bidang lain diminta keluar, yang IPS lanjut TM, kita diajar pake klinomometer dan pake jam matahari (Sun Dail). Alhamdulillah, nambah ilmu yang sesuatu banget. Seneng gue. Di jam matahari ada salah satu komponen namanya gunomon. Della, susah ingat kata gunomon. Nah, gue bilangnya gini ke Della, 
“Della, kalo susah, inget aja doraemon, pokemon, gunomon, emon”. 
Dan mungkin sampe sekarang dia nggak lupa :D


Setelah diajarain kita dibagi-bagi senter, kacamata matahari, sama peta bintang secara Cuma-Cuma. Mantep dah.

 
I LOVE GRATISAN /Abaikan.

Malamnya abis makan malam kita disuruh balik lagi ke atap gedung hotel buat belajar pake peta bintang sama teropong.
Sekali lagi, Alhamdulillah gue dapet ilmu baru. Setelah itu istirahat dan besoknya tes tertulis sama multi media.

(DAY 3)

Seperti biasa makan dulu baru cabut. Ternyata ada salah satu anak yang baca tulisan blog gue tahun lalu soal test tahun kemaren. Astaga ternyata ada juga. Selamat nak, kamu beruntung mendapatkan piring cantik ‘-‘)//

Untuk IPS kitanya test di SMPN 8 Padang. Nah, kita disana di test dengan 100 soal test yang GGS alias ganteng ganteng seringgila gampang gampang susah. Alhamdulillah bisa. Setelah break, kita ikut test multimedia. Jadi sama kayak tahun kemaren isian multimedianya. Tapi Cuma sosiologi sama sejarah doang.

Terus ahirnya kita pulang. Pas pulang tiba-tiba kunci kamar ilang, padahal udahjelas-jelas dititipin. Akhrinya kita disuruh pindah ke kamar 225 berhubung Cuma 2 orang dikamar (seharusny 3-4 orang) tapi kita minta 225 pindah ke kamar kita.

Akhirnya, ketemulah sama Syifa sama Erlina dari bid. Biologi. Lumayan lah, kamar ga begitu sepi dan tambah sesek. Wehehehe. Malamnya, kita test astronomi. Dan anak IPS sudah berharap dari awal kalau hari H-nya hujan. Dan ternyata bener. Akhirnya test pengamatan dengan teropong dibatalkan dan kita diarahkan ke ombilin untuk praktek.

Prakteknya sangat gampang sekali yaitu menentukan rasi bintang apa yang ditampilkan di slide. Jawabannya Scorpio dan Crux . Sayangnya gue slah di nama bintang terangnya. Gue Cuma nulis αCrux sama αScropio.
Alhamdulillah test hari pertama selesai.

(DAY 4)

Well, ini adalah hari penyiksaan. Kita masih dibawa ke SMPN 8 Padang buat test geografi sama astronomi. Gue dapet kelompok teropong F. Tepatnya gue F-3. Sesuatu sekali karena kelompok F adalah kelompok terakhir yang jumlahnya Cuma 9 orang.

Kelompok yang lain jumlahnya 10-15 orang. Dan kami seperti ‘sisa’ dari bidang IPS. Dikelompok F gue ketemu sama anak Jabar, Jatim, Jateng, Maluku, Sumsel, Klimantan apaa gitu, sama satunya dari sumatera tapi aku lupa apa.

Kita disuruh nunggu tanpa kepastian buat praktek karena cuaca yang tidak menentukan. Anak F lumayan berisik lah. Kelas lain gada suaranya .-. Akhirnya karena ada speaker di dalam kelas salah satu temen gue muter lagu dan disambungin ke speaker. Jadilah kelas yang kea ya gitu deh.

Apalagi yang anak cowok coba belajar dialeg Maluku :v Dan malah nyasar ke NTT yang bahasanya beda tipis dengan slogan 
“sekarang sumber air su dekat” 
Astaga -__-“ Pengawasnya sampe heran kok bisa akrab kea gini. Padahal kelas lain diem gada suara. Ya begitulah pak, alam memaksa kami (?)

Kita nunggu lama banget, abis zuhur testnya ternyata diganti dan kita cuma disuruh masukin data dari remote controlnya teropong dan, gambar sketsa matahari. Tapi sebelumnya kita masih disuruh baris  cukup lama, dan akhirnya berisik lagi padahal itu didepan ruang juri.

Pas liat teropong gue malah direkam lama banget dan masuk di arsip nasional osn 2014. Ditayangin pas malam pengumuman dan gue yang paaling lama. 



Ini merupakan salah satu tanda kalau gue cantik menandingai miss universe /? 

Kita digiring ke kelas lagi buat isi lembar jawaban. Seteah itu disuruh cepet cepet soalnya mau ke kantor walikota buat praktek geografi.

Itu sudah waktu ashar, gue belom mandi dan masih harus praktek. Disana juga kita mesti nunggu cukup lama soalnya hujan. Akhirnya dikasih soal dan kita kerjain secara melantai. FYI, dapet papan ljk, alat tulis gratis.

 

I LOVE GRATISAN /Abaikan.

Soalnya itu disuruh baca skala grafis dan tentuin luas area sebenarnya yang ditandai di soal. Gue blank. Gatau apa-apa, padahal udah belajar. Kenapa jadi gini coba -_- Setelah itu kita diajarain lagi pake klinometer terus langsung praktek.

Ya GGS sih, tapi  entahlah saya bukan juri. Akhirnya serangkaian test yang panjang dan melelahkan selesaaaaaai :DDDDD

Malamnya maen games bareng abang ganteng: Mas Agung. Kita main games ibu berkata dan gue jadi penyerang alias yang hukumin orang kalo salah. Karen ague nggak ngeh, seharusnya gue ga boleh di coret pake odol, tapi alhasil temen gue tetep nyoret karena guesalah -__-
Capek tapi seneng. Besoknya keeee BUKITINGGI!!! J

(DAY 5)

Kita berangkat lebih pagi dari sebelumnya karena Padang –Bukittingi itu sekitar 2 jam-an. Gue dapet bus 2 bareng Della. Yang jadi PJ rombongan bus 2 adalah kak Ghea (sampe sekarang gue masih ada nomornya wkwkwk). Kita dibawa dulu ke SMPN 4 Bukittinggi yang ga jauh dari lubang Jepang.

Ternyata, Bukittinggi itu dingin ya.. Udaranya dingin terus rada basah gitu. Disana kita disambut sama anak-anak dari SMPN 4 Bukittinggi sekalian kita di kasih nasi kotak buat makan. Setelah penyambutan kita jalan kaki ke lobang Jepang yang ga jauh dari sana.

Lobang jepang itu lho, yang dibuat Jepang untuk jalan rahasianya. Syangnya, kita gaboleh masuk kedala soalnya takutnya kekurangan oksigen, jadi ya cuma liat aja. Gapapa, setidaknya gue bisa selfie di Ngarai Sianok. Dan tiba-tiba gue flashback ke pelajaran geografi. Wkwkwkwk

Selanjutnya kita dia bawa jalan kaki ke jam gadang :D Duh, sempet pisah dari rombongan pas itu. Si Della cemas banget guenya nyantai aja gatau kenapa wkwkwk. Tapi syukurlah bisa ketemu rombongan pas udah nyampe.

Disana hal yang patut dilakukan adalah:

SELFIE

BELANJA-BELANJI

 
baju, gantungan kunci, buat keluarga di rumah.

Puas selfie dsbg, akhirnya kembali ke Padang kota. Gue sempet diajak jalan sama guru, tapi gamau soalnya capek.

Besoknya Pengumumanddddd

(To Be Continued)

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Emg ya OSN membawa rejeki dlm segala bentuk, barang iya uang iya ilmu iya manusia iya (red:cogan) :""3 Sumvah ngakakkm ku bacaa

    BalasHapus